Jumat, 30 Desember 2011

jodohku


JODOHKU

Wanita yang rambutnya dikepang itu adalah laksmi, gadis desa yang anggun dengan muka yang sangat polos. Dari kejauhan arya malihat laksmi yang sedang memandangi keindahan alam. Arya sendiri adalah anak mama yang lagi cari calon istri yang bernama bening.  Arya pergi bersama temannya yang bernama Sam. Sam adalah teman arya dari kecil yang sangat dekat dengan keluarganya.
Arya : sumpah sam tu cewe cantik banget. (ucapnya dengan penuh arti)
Sam  : udahlah deketin aja kalo lo mau
Arya : Ya gila aja lu, kenal aja kagak gua apa lagi deketin
Sam : inget pesen nyokap lo kesini buat nagapain? Ha?
Arya : ya buat cari cewelah. Tapikan gak sembarangan sam. Namanya beningkan, belum tentu tu cewe    namanya bening.
Sam : yaudah cari tau aja dulu soal dialah , kan gak ada salahnya dong.
Sambil berjalan mereka membicarakannya.saat berjalan tidak sengaja arya menabrak laksmi.
Laksmi : yaaaa ampun cucianku
Arya : ya ampun, sorry banget ya cucian lo kotor deh.
Laksmi : orang kota kaya kamu pasti gak tau rasanya nyuci di kali, yang harus jalan kaki dulu baru bisa nyuci. Dengan medok jawa dia berkata
Arya : yaaa ampun gue kan gak sengaja nabrak lo. Lagian hari gini masih aja nyuci dikali, kurang kerjaan banget.
Laksmi  : dengan muka yang tajam pergi meninggalkan arya.
Sam : ya ampun ya lo galak banget  sama cewe itu.
Arya : gila ya tampang gak menggambarkan kelakuan.sambil pergi pergi meninggalkan sam
Sam : dasar gila ni anak (sambil tertawa dan mengejarnya)

Laksmi sampai drumahnya dengan muka yang masam, disambut oleh ibunya dan bapaknya yang heran melihat laksmi bermuka masam.
Ibu :  ndok, koe ki kenopo?
Laksmi : ndapapa bu, tadi laksmi ketemu orang gila.
Ibu : lagian to ndok, kamu masih aja nyuci disungai, kayak kita gak punya air dirumah.
Laksmi : yowes to mbo, aku terus seng disalahke, padahal kan dia yang salah.
Ibu : yaudah to ndo sabar yo. Oh iya bapakmu manggil tuh di depan
Laksmi dan ibunya pergi menuju runag depan rumahnya
Bapak : menyeruput tehnya yang panas begini ndok bapak mau bicara denganmu, dulu bapak punya teman namanya haryono. Dia sahabat bapak dari kecil. Bapak berjanji akan menikahkan anak kita kalu sudah dewasa. Tapi dia wes dipanggil karo seng kuoso. Jadi bapak akan tetap menepati janjinya.
Laksmi : pak, aku ndak mau dijodohin, bapak kenapa ndak pernah bilang sih pak, kenapa baru sekarang bilang? Aku aja ndak tau orangnya kayak apa.
Bapak : makanya dari itu bapak  mau ngenalin sama kamu mi.
Laksmi : pokokke aku ndak mau pak. Berlari menuju kamarnya.
 Laksmi membanting pintu kamarnya.
Laksmi : aku tuh ndak mau kalo dijodohin. Kenapa coba mesti kayak begini. Bapak karo ibu ndak pernah mikirin perasaan aku opo yo? Sambil menahan marah
Ibu mengetuk pintu kamar laksmi
Ibu : ndok, buka pintune ndok sambil mengetuk pintu
Laksmi : aku ndak mau bu, tinggalin aku sendiri. Menjawab dengan menahn emosi
Ibu : yowes ora opo opo. Mungkin kamu harus menenengkan dirimu dulu, baru nanti kita bicara lagi. Pergi meniggalkan kamar.
Laksmi : aku harus kabur dari sini, harus pergi pokokke
Sementara laksmi  memutuskan untuk pergi, arya dan sam sampai di tempat penginapan, mereka berjalan menuju kamar.
Sam : bening tuh kayak apa ya?
Arya : yang mau dijodohin tu gue apa lo ya?
Sam : elo sih,tapi yaaa siapa juga pasti penasaran lah, lu aja yang gila gak penasaran, diakan bakal jadi pendamping lo seumur hidup.
Arya : yeee kalo gak cocok mah nanti gak usahlah, lagian pasti mendiang papa bakal ngerti kalo kayak gitu, pasti gak mau putra sematawayangnya menderita menjalani bahtera rumah tangga yang gak disukainnya.  Sambil ketawa
sam : anjiiir pikiran lo udsah nikah ajeee. Hahaha  tertawa sambil masuk ke kamar mereka.
Arya  : sam gue beli sikat gigi dulu yaa kedepan
Sam : siplaaaaah
Sementara itu laksmi sedang luntang lantung dijalan dengan muka yang pucat. Sam melihat laksmi di depan penginapannya, lalu mengiukutinya. Dan tiba- tiba laksmi pingsan dan arya menangkapnya. Arya membawa laksmi ke penginapan.
Sam : dengan wajah kaget arya membawa laksmi ke kamar . yaaaa ini siapa? Lo apain dia sampe bisa begini?
Arya : gak ush bacot bantuin gue aja dulu. Sambil terengah menggendong dan menaruhnya di tempat tidur.
Sam : ini cewe yang tadi pagikan? Kok bisa sama lo? Lo apain nih cewe?
Arya : tau deh ini gila banget. Gue ngikutin dia tadi,eh tiba-tiba ni cewe pingsan.
Sam : yaudahlah kita terpaksa sewa satu kamar lagi.
Arya : yaudah gapapa. Lo aja yang bilang yaaa sam.
Sam : sip sip berjalan menuju pintu kamar.
Tak lama kemudian Sam kembali.
Sam : udah yook? Pindah kamar yaa
Arya : ayooo deh
Sambil berjalan menutup pintu kamar laksmi. Pagipun datang laksmi terbangun dari tidurnya
Laksmi : dimana aku? Kenapa aku bisa disini?
Arya membuka pintu kamar laksmi
Laksmi : berteriak siapa kamu? Ngapain kamu masuk kamar aku?
Arya : eh eh ini gue yang nolong lo semalem, gak inget?
Laksmi : emang gak punya etika yaaa? Kalo mau masuk ketuk pintu dululah.
Arya : eh masih bagus gue tolongin lo semalem, kalo enggak mungkin lo udah diperkosa kali.
Laksmi : iya deh aku terima kasih sama kamu.
Arya : nama lo siapa?kok lo bisa pingsan?
Laksmi : laksmi, nama kamu siapa?
Arya : arya, kok lo bisa pingsan?
Laksmi : gak tau cape mungkin.
Arya : terus lo mau kemana sekarang ?
Laksmi : mau disini aja, boleh gak?
Arya: enggak ah, tar gue disangka nyulik anak kecil lagi.
Laksmi : aku gak kecil banget kok, kamu aja yang gerasa ketuaan sambil ketawa
Arya : gak usah ngeledek juga kali.
Laksmi : karena kamu udah ngijinin aku tinggal disini, dan nolongin aku semalem, aku bisa berbuat apa untuk kamu?
Arya : apa ya?sambil mikir-mikir  munkin lo bisa bantu gue cari ynag namanya bening.
Laksmi : eeem boleh deh terserah kamu aja. Tapi bening itu siapa kamu yaaaa? Kalo boleh tau itu juga.
Arya : jadi gue disuruh nyari yang namanya bening itu, karena gue dijodohin sama dia.
Laksmi : oooh gitu toh. Aku kenal banget kok sama desa ini, nanti aku bantuin cari, tapi mulai hari ini?
Arya : iyaaalah, tapi lo mandi dulu, terus makan yaa, itu gue udah bawain.
Laksmi : terimakasih banget sama kamu yaaaaa.
Arya keluar,sementara laksmi mandi. Lalu menemui sam.
Sam : dari mane lo?
Arya : dari ketemu laksmi.
Sam : namanya laksmi? Bukan bening yaaaa hahaha
Arya : lagian gue juga gak mau bening kelakuaannya begitu.
Sam : parah lo, ketula baru tau rasa deh lo.
Laksmi lalu keluar, dan ikut duduk bersama mereka.
Sam : haiii, gue sam
Laksmi : aku laksmi, kamu temennya arya yaaa?
Sam : iya hehehe, kamu cantik juga yaaa
Arya : weeets! Ati-ati lo
Sam : gak suka yaaa gue bilang begitu ? takut dia kepincut sam gue yaaaa hahaha
Laksmi tertawa melihat tingkah mereka berdua.
Arya : kapan kita cari yang namanya bening?
Laksmi : mau sekarang ?
Arya : terserah lo aja.
Laksmi : yowes, sekarang aja.
Laksmi , Arya, dan Sam mencari wanita yang bernama Bening. Mereka mencari selam 2 jam tapi tidak membuahkan hasil.
Arya : sumpah yaaa, kato lo, lo tau yang namanya bening?
Laksmi : yang namanya beningkan bukan cuma satu dua orang.
Sam : iyaaaa ya, lo sabarlah jadi manusia.
Arya : berarti kita disini perlu waktu yang lama dong.
Tiba-tiba segerombolan geng motor datang, 
Laksmi : ayooo cepet pergi sambil menarik tangan arya, dan sam mengejarnya dibelakang.
Mereka terus berlari sampai menemukan tempat yang aman untuk bersembunyi.
Arya : kenapa sih lo?
Laksmi : gapapa kok, cuman mereka bakal bawa aku pulang kalo mereka liat aku. Aku gak mau pulang.
Sam : emangnya lo siapa sih sebenernya?
Laksmi : bukan siapa-siapa kok. Cuman aku  gak mau pulang.
Arya : yaudah yaudah, udah aman niiih, keluar yook.
Laksmi : iyaaa, aku juga mau latihan sinden.
Arya menemani laksmi latihan sinden, dan dia sangat terpukau oleh suara laksmi yang begitu indah. Laksmi pun memandangi arya dengan penuh arti saat bernyanyi. Lalu tiba-tiba shirin datang menghampiri Arya. Shirin adalah gebetan arya yang sudah lama didekatinya. Tiba-tiba dia menyusul arya ke desa tersebut.
Shirin : heiii yaaa?
Arya: dengan kaget arya melihat Shirin. Hei kok lo bisa disini?
Shirin: iyaaaa, sodara gue tinggal di desa sebelah hehe
Tiba-tiba Laksmi menghampiri mereka
Arya : udah latihannya?
Laksmi : udah kok.sambil heran melihat shirin
Arya : oh iya rin, kenalin ini laksmi, mi ini shirin
Laksmi mengulurkan tangannya, sedangkan shirin bermuka masam. Arya pun mulai memecahkan suasana yang canggung ini.
Arya : eeh yaudah, kita ke penginapan aja sekarang.
Laksmi : aku gak bisa, aku harus beli sesuatu dulu
Arya : yaudah gue annterin
Laksmi : gak usah aku bisa sendiri kok
Arya : tapiiii…. Lalu shiri menarik tangan arya
Shirin : udahlaaah dia juga gak mau tuh dianterin.
Arya : yaudah, nanti cepet pulang yaaaa
Laksmi : iyaaaa pasti cepet pulang kok
Arya dan shirin menuju penginapan. Tiba- tiba laksmi bertemu dengan segerombolan geng motor, lalu dia berusaha lari.dia lari sampai dekat dengan penginapan. Tapi dia tidak bisa lari lagi, karena mereka berhasil mengejar laksmi.
Ditto : maaf nona laksmi, nona disuruh pulang sam tuan. Ditto adalah anak buah bapaknya laksmi.
Laksmi : maaf to, tapi aku gak bisa? Aku gak mau pulang. Bilang sam bapak dan ibu, kalo aku gak mau dijodohin.
Ditto : kalu begitu aku akan memaksa nona untuk pulang.
Laksmi : jangan coba-coba kamu menyentuhku aku akan berlari skencang mungkin
Lalu ditto memaksa laksmi untuk pulang. Tiba-tiba Arya datang dan melihat kejadian tersebut. jadi arya langsung menolong laksmi. Dan arya berhasil menyelamatkan laksmi. Lalu laksmi pingsan dan arya membawanya ke penginapan.
Sam : laksmi kenapa tuh ya?
Arya : gak tau gue deh itu dia,tiba-tiba geng motor itu dateng dan mau bawa laksmi pulang. Tapi si laksmi tuh gak mau sambil terengah menggendong laksmi ke kamar.
Shirin : ah paling akal-akalannya laksmi aja biar bisa deket sama kamu yaaa
Arya : yaampun gak mungkinlah rin, dia bukan tipe gue banget.
Sam : gak boleh gitu ya, hukum karma berlaku tau kalo lo tetep jelek-jelekin laksmi begitu.
Arya : Yaudah mendingan sekarang kita keluar biar dia istirahat
Lalu mereka semua keluar dari kamar laksmi. Keesokan harinya laksmi terbangun dari tidur. Lalu dia bersiap untuk menemui Arya dan berterimakasih padanya. Saat dia keluar tiba tiba dia melihat arya dan shirin berbicara.
Shirin : yaaa, lo kenapa sih bisa deket sama cewe kampong kayak gitu?
Arya : kenapa emang ko lo bisa ngomong gitu ?
Shirin : jangan-jangan lo udah jatuh cinta lagi sam cewe itu.
Arya : enggaklah dia bukan tipe gue banget kali rin.
Shirin : bagus deeeh, berate lo masih waras.
Tanpa diketahui oleh mereka ternyata lakami mendengar pembicaraan mereka, lalu dia menangis dan pergi dari penginapan, Arya melihat laksmi pergi dan langsung mengejarnya.
Shirin : arya mau kemana?
Arya : gue mau kejar dia. Dengan panic berkata pada shirin.
Shirin langsung kesal dan kembali ke Jakarta.sedangkan arya mengejar laksmi.
Arya : laksmi tunggu aku.. sambil mengejar laksmi
Laksmi : aku gak mau tau lagi….. sambil menangis
Lalu tiba-tiba arya berhenti
Arya : terus kenapa kamu tiba-tiba nangis dan lari?
Laksmi : karena akuj udah suka sama kamu. Kamu tau gak sih kalo aku sebenernya adalah bening.
Arya : jangan ngaco kamu
Laksmi  : iyaaa beneran, nam aku bening putrid laksmi, pas aku tau aku mau dijodohin aku langsung kabur dan gak mau pulang kerumah. Dan pas aku tau orangnya itu kamu, aku mau sedikit main-main. Tapi ternyata akulah yang kena apinya. Sambil menangis laksmi berkata
Arya : bersrti selama ini kamu bohongin aku? Kenapa kamu gak jujur? Aku kecewa sama kamu?
Laksmi : aku minta maaf kalo kamu emang ngerasa kecewa sam aku, tapi kamu gak boleh muna. Kamu sayangkan sama aku?
Arya : aku emang sayang sam kamu, tapi gak gini kamu bales aku.
Arya pergi meninggalakn laksmi. Laksmipun jatuh dan pingsan. Lalu araya panic dan membawa laksmi kerumahnya. Lalu saat laksmi terbangun ada arya disampingnya.
Laksmi : melihat arya disampingnya yang tertidur menggenggam tangannya
Lalu arya terbangun, dan laksmi pura-pura tidur, tetapi arya menyadarinya bahwa laksmi pura-pura tidu.
Arya :  sambil tertawa gak usah pura-pura tidur deh depan aku
Laksmi : ketauan deh hehehehe. Oh yaaa aryaaa aku mau minta maaf karna udah bohongin kamu?
Arya : gapapa kok mi, kan kalo gak gitu kita gak bisa kenal satu sama lain. Yang pasti aku baru sadar kalo aku sayang banget sam kamu.
Ternyata bapak dan ibunya laksmi mendengarkan pembicaraan mereka. Dan mereka sangat kaget .
Bapak : jadi kapan kalian mau nikah ?
Arya : bapak ? kagetin aja
Laksmi : bapak sama ibu ndak boleh nguping orang lagi berdua.
Ibu : yo wes ora popo to ndok. Kan kalian berdua anak ibu. Jadi mau nikah kapan?
Laksmi : aku mau pacaran dulu aja sama aryaaa. Lagian kita masih sama-sama muda.
Bapak : yowes kalo ngono. Bapak sam ibu keluar dulu yaaaa, biar gak ganggu.
Bapak dan ibu berjalan keluar
Arya dan Laksmi tersipu malu.
Laksmi : ternyata kalo jodoh gak kemana ya?
Arya : iyaaa bening, kenangan waktu tu akan aku ingat terus.
Lalu mereka berpelukan

THE END


C. SILOGISME
I. SILOGISME KATEGORIAL
Silogisme kategorial adalah silogisme yang semua proposisinya merupakan kategorial. Proposisi yang mendukung silogisme disebut dengan premis yang kemudian dapat dibedakan menjadi premis mayor (premis yang termnya menjadi predikat), dan premis minor ( premis yang termnya menjadi subjek). Yang menghubungkan diantara kedua premis tersebut adalah term penengah (middle term).
CONTOH:
   Semua tumbuhan membutuhkan air. (Premis Mayor)
   Akasia adalah tumbuhan (premis minor).
   Akasia membutuhkan air (Konklusi)2


2. silogisme hipotetik

Silogisme hipotetik adalah argumen yang premis mayornya berupa proposisi hipotetik, sedangkan premis minornya adalah proposisi katagorik


Contoh :
 Jika hujan saya naik becak.(mayor)
   Sekarang hujan.(minor)
Saya naik becak (konklusi).

3. silogisme alternative

Silogisme alternatif adalah silogisme yang terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternatif. Proposisi alternatif yaitu bila premis minornya membenarkan salah satu alternatifnya. Kesimpulannya akan menolak alternatif yang lain.

CONTOH :
Nenek Sumi berada di Bandung atau Bogor.
   Nenek Sumi berada di Bandung.
Jadi, Nenek Sumi tidak berada di Bogor.

4. SILOGISME ENTIMEN

Silogisme ini jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam tulisan maupun lisan. Yang dikemukakan hanya premis minor dan kesimpulan. Contoh entimen:
  • Dia menerima hadiah pertama karena dia telah menang dalam sayembara itu.
  • Anda telah memenangkan sayembara ini, karena itu Anda berhak menerima hadiahnya
5. silogisme disjungtif
    
Silogisme disjungtif adalah silogisme yang premis mayornya merupakan keputusan disyungtif sedangkan premis minornya bersifat kategorik yang mengakui atau mengingkari salah satu alternatif yang disebut oleh premis mayor. Seperti pada silogisme hipotetik istilah premis mayor dan premis minor adalah secara analog bukan yang semestinya
Contoh :
 Hasan di rumah atau di pasar.(premis1)
   Ternyata tidak di rumah.(premis2)
Hasan di pasar (konklusi).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar