Kamis, 29 September 2011

CARA MEMAJUKAN KOPERASI DI INDONESIA

CARA MEMAJUKAN KOPERASI DI INDONESIA

            Kata koperasi sudah sangat tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena koperasi banyak dipergunakan masyarakat indonesia dalam berbagai hal, misalkan meminjam dana, melakukan transaksi penjualan, serta menabung. Tetapi, sayangnya masyarakat di Indonesia belum sepenuhnya mengetahui arti dan fungsi koperasi itu sendiri, mayoritas masyarakay di Indonesia hanya memakai 3 unsur tadi yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Itu semua menyebabkan kita perlu memberikan pemahaman, gagasan, serta cara yang mungkin dapat diterima semua golongan masyarakat serta dapat dengan sendirinya memajukan koperasi di Indonesia. Berikut ini merupakn beberapa cara memajukan kondisi koperasi di Indonesia yang mulai saat ini sering di tinggalkan oleh masyarakat, akan adanya arus globalisasi. Berikut cara selengkapnya :  
1.      Partisipasi anggota
Partisipasi anggota merupakan syarat utama dalam lingkungan internal koperasi itu sendiri, karena melalui partisipasi segala aspek yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pencapaian tujuan direalisasikan. Oleh karena itu, setiap anggota koperasi harus lebih solid lagi dalam membangun sebuah kerja sama dalam suatu kelompok koperasi itu sendiri, sehingga koperasi tersebut dapat maju dan terlebih anggota lebih memilih koperasi dari pada badan usaha lainnya.
2.      Jaringan pasar
Jaringan pasar merupakan suatu tempat untuk mencari pangsa pasar yang lebih luas agar dapat memperoleh kentungan yang lebih besar. Dalam sebih jaringn kita tentunya mengetahui bahwa jaringn itu sendiri merupakan, gabungn dari berbagai macam aspek yang sejenis, oleh karena itu dalam koperrasi kita harus dapat, membuat jaringan dengan pasar, sehingga kondisi koperasi kita lebih dapat maju, karena telah melakukan joint dengan anggota pasar yang lain, dan keuntungan yang dapat diperoleh akan lebih banyak pula, karena kita melakukan usaha tidak sendiri.
3.      Sistem manejemen
Sistem manajemen yang baik, merupakan cikal bakal yang menentukan maju atau tidaknya suatu koperasi itu sendiri. Dalam sebuh koperasi para pengurus harus dapat mengatur serta mempertanggung jawabkan apa yang telah dia buat sebelumnya. Apakah itu jelek atau bagus dengan hasilnya merupakan tanggung jawab dari para pengurus atau menajerial dari sistem koperasi itu sendiri. Jadi dapat disimpulkan, sebuah menajement yang teratur dan bertanggung jawab akan dapat memajukan kondisi koperasi itu sendiri. Itu yang seharusnya diterapkan dalam siklus perkoperasian di indonesia, supaya dapat lebih maju lagi dalam perkembangannya.
4.      Komitmen pemerintah
Komitmen pemerintah ini merupakan salah satu cara memajukan kondisi perkoperasian di indonesia. Mengapa pemerintah? Tentu saja kita dapat mengetahui bahwa pemerintahlah yang khusus menangani soal koperasi di indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah harus lebi mengutamakan koperasi dibandingkan dengan pihak swasta, yang dalam konteks ini adalah negeri dan swasta, Sehingga koperasi dapat memberikan atau dapat mempunyai konsep yang lebih besar daripada swasta.
5.      Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana sangat penting pula bagi perkembangan dalam tingkat memajukan koperasi di Indonesia. Karena belakangan ini sering dilihat sarana dan prasarana koperasi yang cukup memprihatinkan di indonesi ini. Mulai dari gedung atau tempat malakukan kegiatan perkoperasian yang kuran terjaga kebersihan dan kelayakannya, serta perkembangan dari sistem pengolahan datanyanya yang belum terlalu memasyarakat, dan tidak open sourch. Sehingga masyarakat tidak mengetahui sampai dimana perkembangan dan kondisi koperasi saat ini, apakah sedang mengalami penurunan atau tidak.
6.      Menghimpun kekuatan ekonomi dan kekuatan politis
Kebijaksanaan ekonomi makro cenderung tetap memberikan kesempatan lebih luas kepada usaha skala besar. Paradigma yang masih digunakan hingga saat ini menitikberatkan pada pertumbuhan ekonomi yang ditopang oleh usaha skala besar dengan asumsi bahwa usaha tersebut akan menciptakan efek menetes ke bawah. Namun yang dihasilkan bukanlah kesejahteraan rakyat banyak melainkan keserakahan yang melahirkan kesenjangan. Dalam pembangunan, pertumbuhan memang perlu, tetapi pencapaian pertumbuhan ini hendaknya melalui pemerataan yang berkeadilan.Pada saat ini, belum tampak adanya reformasi di bidang ekonomi lebih-lebih disektor moneter, bahkan kecenderungan yang ada adalah membangun kembali usaha konglomerat yang hancur dengan cara mengkonsentrasikan asset pada permodalan melalui program rekapitalisasi perbankan.Dalam menghadapi situasi seperti ini, alternatif terbaik bagi usaha kecil termasuk koperasi adalah menghimpun kekuatan sendiri baik kekuatan ekonomi maupun kekuatan polotis untuk memperkuat posisi tawar dalam penentuan kebijakan perekonomian nasional. Ini bukanlah kondisi yang mustahil diwujudkan, sebab usaha kecil termasuk koperasi jumlahnya sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah nusantara sehingga jika disatukan akan membentuk kekuatan yang cukup besar.Dengan ini diharapkan dapat memajukan koperasi sebagai salah satu sektor perekonomian di Indonesia. Juga diharapkan koperasi dapat bersaing di perekonomian dunia. Saya sangat mengharapkan agar koperasi di Indonesia dapat terus maju dan berkembang karena koperasi adalah salah satu badan usaha yang menyediakan fasilitas untuk masyarakat kecil dan menengah. Semoga dengan ini dapat membangun koperasi yang lebih baik lagi.

Ini semua merupakan cara atau kinerja yang sangat efisien menuru saya dalam memperbaiki serta memajukan kondisi perekonomian di Indonesia yang akhir akhir ini sedang mengalami kemunduran yang sangan atau lumayan pesat dari masyarakat, mulai tidak adanya masyarakat yang mengerti benar arti koperasi itu sendiri sampai tidak adanya dukungan dari masyarakat karena tidak adanya komunikasi yang baik dari pihak koperasi ke masyarakat atau sebalikknya. Mudah – mudahan cara tersebut dapat diterima dan dilaksanakan, supaya koperasi indonesi dapat maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar